TELKOM DUKUNG EKOSISTEM MUSIK DIGITAL

20 Mar TELKOM DUKUNG EKOSISTEM MUSIK DIGITAL

RMOL. Menyambut Hari Musik Nasional, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) sepakat menciptakan iklim industri musik Indonesia yang sehat melalui Gerakan Musik Positif Indonesia (Gempita).

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani Deputi Infrastruktur BEKRAF Hari Santosa Sungkari dengan Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom, Indra Utoyo disaksikan Kepala BEKRAF Triawan Munaf dan Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga serta Ketua Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Tantowi Yahya pada event Perayaan Hari Musik Nasional di Jakarta.

Sesuai Nota Kesepahaman tersebut Telkom dan BEKRAF siap mensukseskan Gempita dan mengembangkan ekosistem musik digital dimana Telkom berperan mengembangkan platform, aplikasi dan komersialisasinya dengan memanfaatkan inkubasi bisnis digital yang dimiliki. Sementara BEKRAF berperan menumbuhkan kembali industri musik yang sehat berbasis digital.

Menurut Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga Telkom sangat mendukung pengembangan industri kreatif digital, termasuk karya-karya musik Indonesia. Menurutnya Telkom memiliki komitmen, kapabilitas dan pengalaman yang telah teruji untuk menumbuhkan konten dan aplikasi digital ke taraf komersial.

Telkom dan BEKRAF juga sepakat mengembangkan platform musik digital tempat pelaku industri musik dapat mendistribusikan karya musik. Platform tersebut nantinya dapat melacak penggunaan karya musik Indonesia secara transparan dan andal serta memfasilitasi masyarakat pecinta musik agar dapat menikmati karya musik secara legal.

Dukungan tersebut antara lain dilakukan melalui situs musik online melon.co.id dan langitmusik.co.id. Melalui kedua plaftform tersebut publik musik Indonesia dapat mendengarkan dan mengunduh karya musik digital secara legal.

“Musik digital bukan saja akan mewarnai budaya Indonesia tetapi menghidupi para musisi, pencipta, penyanyi dan industri yang bernaung di bawahnya,” kata Alex J. Sinaga.

“Telkom mengucapkan terima kasih kepada BEKRAF yang memilih Telkom sebagai mitra strategis menumbuhkan ekonomi kreatif digital di Indonesia,” terangnya.

“Nota Kesepahaman yang ditandatangani akan memperkuat dukungan Telkom terhadap terpeliharanya ekosistem musik digital yang lebih sehat,” imbuh Alex J. Sinaga.

Gempita menurut Alex merupakan misi bersama menumbuhkan industri musik dan memberikan penghargaan kepada para pelaku industri musik Indonesia.

“Telkom dan BEKRAF akan terus mengembangkan bentuk kerja sama paling optimal dan mendukung penuh Gempita,” kata Alex.

Lebih jauh Alex mengatakan Telkom akan mengajak dan menyediakan kemudahan kepada 3,98 juta pelanggan fixed broadband dan 152,6 juta pelanggan Telkomsel untuk hanya menikmati karya-karya musik digital yang legal. [ysa]

Indonesia, Market, Intelligence, Research, Assessment, Feasibility, Study, digital, telkom, ict, information, communication, technology

http://www.rmol.co/read/2016/03/19/240092/Telkom-Dukung-Ekosistem-Musik-Digital-